Seseorang entrepreneur itu dilahirkan (born) atau dibentuk/diciptakan (made)?

Menurut saya, keduanya merupakan jawaban yang tepat karena seorang pengusaha sejati tidak mungkin berasal hanya dari salah satunya saja.

Born berhubungan dengan bakat dan potensi sang anak yang melekat pada dirinya pada saat lahir ke dunia. Namun bakat dan potensi saja tidaklah cukup. Made menjadi faktor penting lainnya dalam membentuk karakter dan kepribadian dengan cara membekali sang anak dengan ilmu, ketrampilan serta lingkungan yang baik.

Entrepreneur is not only born but also made. Dahulu, kewirausahaan dianggap sebagai bakat yang dibawa sejak lahir sehingga tidak dapat dipelajari. Sekarang, kewirausahaan ternyata bisa dipelajari dan tidak cukup hanya mengandalkan bakat saja. Oleh karena itu, kombinasi antara born dan made menjadi sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang pengusaha yang tangguh.

Saya percaya bahwa setiap anak yang dilahirkan ke muka bumi ini memiliki bakat dan potensi yang spesial. Namun itu saja tidak cukup. Anak juga harus diberikan berbagai macam ketrampilan yang dapat digunakan saat nanti mulai menjalankan usahanya. Ketrampilan bukanlah ilmu pasti yang bisa dipelajari di bangku sekolah, namun didapat dengan langsung mempraktekkannya, atau istilahnya learning by doing. Selain ketrampilan, mengasah mental pun sangat penting agar nantinya dia bisa bangkit saat menghadapi kegagalan.

Saya juga setuju dengan isi blog teman saya ia berkata "Pada dasarnya setiap orang dilahirkan dengan ‘bakat’ menjadi pengusaha, yang membedakan adalah faktor lingkungan. Meskipun pada dasarnya seseorang dilahirkan dengan bakat menjadi pengusaha, namun jika tidak dilatih dan diasah, maka orang tersebut juga tidak akan menjadi pengusaha handal".

https://pebisniskreatif.blogspot.com/

Sekian dan Terimakasih


STIAMI https://stiami.ac.id/


Endra Marsudi http://marsudi.id/

Komentar